Thought

10 Cara Untuk Jadi Lebih Smart

Kecerdasan itu adalah sebuah proses yang harus dimaksimalkan dari sebuah kebiasaan kecil. Dapat dilakukan sehari-hari dan kadang-kadang terkesan tidak nyambung.

1. Smart dalam ber-online
Apa yang kamu lakukan pada waktu senggang? Paling-paling mengecek timeline Instagram Anda yang berisi bejibun foto video meme, endorsement online shop, anak kecil super kiyut, atau hewan-hewan lucu. Ya, penting sih mengisi hari dengan segala hiburan itu (belanja juga bisa jadi hiburan kan ya?). Pergilah bermain-main di tempat lain, internet punya banyak sekali inspirasi untuk belajar, seperti online course Learnist, TED talks, belajar bahasa dan lainnya. Buatlah online time yang ber’gizi’ untuk dirimu. You are smart enough to decide.

2. Belajar, Lalu Tulis
Miliki satu buat notebook, bisa analog atau digital (Lia uses Evernote and Apple Notes) untuk menuliskan apa yang kamu pelajari hari ini. Tidak perlu tulisan yang berbelit-belit. Cukup sesuai dengan apa yang kamu pelajari dan pahami. Meluangkan beberapa menit setiap hari untuk menulis apa yang telah apa pelajari dapat meningkatkan kemampuan otak.

3. Buatlah Daftar ‘Done’ List
Hargailah dirimu dengan menuliskan apa yang telah kamu selesaikan. Bila kamu mulai kehilangan semangat (galau), coba intip your ‘Done’ List. Semoga berguna!

4. Main Game Asah Otak
Untuk latihan, mainkan permainan yang bukan hanya menyenangkan, tapi menambah pengetahuan. Misalnya main teka-teki silang (Lia plays Teka Teki Saku), puzzle, chess, scrabble dan lainnya. Sebaiknya jangan gunakan game online, supaya tidak ada alasan untuk tidak memainkannya di waktu senggang.

5. Berteman Dengan Smart People
Bersosialisasi dengan orang yang lebih pintar darimu adalah cara terbaik untuk belajar. Taruhlah gadgetmu dan berbicara!

6. Membaca (ini sumpah sulit banget)
Membaca buku yang katanya jendela dunia tetap bisa menjadi salah satu langkah untuk selalu cerdas. Membaca opini orang lain di kompasiana (misalnya), bisa jadi dapat merangsang kemampuan analisismu. Baca koran, majalah atau novel sebanyak-banyaknya, dan variasikan konten bacaanmu. Selain kualitas, kuantitas juga perlu lho. Baca sebanyak-banyaknya!

7. Ceritakan
“If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough,” kata Albert Einstein. Pastikan kamu memang paham dengan spa yang sudah kamu perlajari, cars termudahnya ya dengan menceritakan kepada orang lain. Jelas saat kamu tidak bias menceritakan dengan baik, kamu belum bisa dianggap paham. Paham?

8. Lakukan Berbagai Macam Aktivitas
Cobalah keluar dari “safe box”mu, carilah aktivitas lain yang sekiranya berguna. Bila kamu suka biasanya hanya duduk di depan laptop untuk menulis blog, keluarlah rumah dan coba les masak atau scrapbook. Banyak hal yang bisa dicoba dalam dunia ini, siapa tahu cocok kan? Percayalah suatu saat apa yang kamu pelajari pasti berguna, paling nggak untuk pamer ke orang. (Hmm, Lia dulu pernah lomba piano dan menang loh) haha.

9. Belajarlah Bahasa Baru
Ingat ini bukan bahasa alay! Survei membuktikan bahwa orang yang paham lebih dari 1 bahasa punya kecerdasan lebih. Buat kamu yang sangat bergantung dengan gadget dan apps, coba Memrise untuk belajar bahasa.

10. Me Time
Berikan waktu yang cukup untuk dirimu, gunanya bukan untuk tidur! Duduk dan diam, berikanlah space untuk otakmu memproses apa yang telah kamu pelajari untuk jadi smart.

Terinspirasi dari Inc.com. Thanks!

Lia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s