Pregnancy

Dari Morning Sickness Jadi Homesick

img_0069

Masih teringat jelas repotnya kehidupan istri ‘baru’ ini. Beradaptasi di tempat, cuaca dan kondisi yang baru. Sama seperti sekarang, saat itu daun-daun mulai berganti warna, berjatuhan memenuhi jalan setapak dan angin dingin selalu mengiringi langkah.

Rasa mual, pusing dan tidak enak badan juga tidak lepas dari bulan Oktober tahun lalu. Ini bukan sakit biasa, morning sickness namanya, meskipun aku merasakannya sepanjang hari. Bukan di ‘morning’ saja.

Saat itu rasa senang masih belum begitu kuat, yang ada hanyalah resah yang tak kunjung henti. Mataku tidak pernah lepas dari layar laptop dan smartphone untuk mencari tahu tentang kehamilan. Selainnya, aku mencoba memasak atau hanya tidur seharian. Karena pagi-pagi benar aku harus bangun untuk bekerja dengan waktu Indonesia barat.

Ah rasanya kami, aku dan si adek bayi, tidak terlalu menikmati autumn tahun lalu. Aku jarang keluar rumah karena hawa dinginnya yang masuk lewat mulut bisa membuatku mual. Joka harus pergi pun aku jelas menghindari bicara saat keluar, kubalas ocehan suamiku dengan bahasa tubuh saja. Lucu! Juga setiap berjalan, suami selalu membelikan seliter orange juice seharga £1 untuk menghilangkan rasa mual. Aku benar-benar minum dari sekotak besar orange juice itu dan pasti aku habiskan. Air putih tidak mempan lagi.

Setelah mama papa dan para teman dekatku tahu aku hamil, selalu yang ditanya ngidam apa. Pikirku, buat apa ngidam. Kalau ngidam pasti nggak bakal nemu juga makanannya. Yang aku idam-idamkan sebenarnya banyak, mulai dari sup nila di Ikan Bakar Cianjur, cumi asam manis sari laut hingga sashimi saladnya Sushi Tei. Itu semua makanan kesukaanku dan tidak bisa aku temukan disini. Sepertinya itu bukan ngidam karena hamil, tapi ngidam karena homesick. ‘Home’ ini maksudnya Hometown. Bukan ‘rumah’, karena kalau rumah jelas rumahku, keluargaku disini.

Lia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s