Pregnancy

Midwife dan USG Hanya 2 Kali

pregnancy-notes-940x379

Kami pikir di setiap pertemuan dengan midwife akan dilakukan USG, seperti di Indonesia. Ternyata tidak! Disini USG atau ultrasound scan hanya akan dilakukan 2 kali, saat usia kehamilan 12 weeks dan 20 weeks. Scan 12 weeks untuk memastikan usia kehamilan dan tanggal prediksi kelahiran (dating scan) dan di 20 weeks untuk melihat perkembangan organ tubuh si janin (anomaly scan).

Gagal sudah harapan kami bisa melihat pembentukan janin yang masih mungil ini. Kami masih terlalu awal.

Di pertemuan pertama, ada begitu banyak pertanyaan tentang riwayat kesehatanku. Kira-kira untuk mengisi buku tentang kehamilanku butuh 1 jam. Dan tentunya aku dihadapkan dengan istilah-istilah asing, sehingga aku perlu membuka aplikasi kamus di handphoneku. Kalau tidak ya, suamiku akan dengan cerdas menterjemahkannya.

Semua riwayat kesehatanku dicatatkan di buku berwarna hijau yang katanya harus selalu kubawa kemana saja. Jadi, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan langsung saja berikan buku itu pada ahli kesehatan yang akan merawat. Maka, mereka bisa mendapatkan informasi tentangku secara terstruktur.

Jadwal pertemuan selanjutnya pun tidak sembarangan, sudah tertera di buku hijau itu kapan aku harus membuat janji dengan midwife.

Pelayanan midwifenya sangat baik. Mereka tidak hanya menanyakan keadaan fisikku saja tiap bertemu, tapi juga keadaan psikis. Misalnya bagaimana perasaanku hingga bagaimana perlakuan suamimu selama masa kehamilan ini. Bahkan sempat dikasi tahu, jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga wajib lapor.

Hebatnya dengan pelayanan yang baik ini, aku tidak perlu membayar sepeserpun. Semuanya sudah termasuk dalam health insurance yang telah kubayarkan saat apply visa di Indonesia. Pelayanan gratis ini termasuk juga biaya obat-obatan dan perawatan gigi hingga 1 tahun setelah melahirkan. Senangnya, rasanya nyaman dan aman.

Bersambung.

Lia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s