Travel

Tips Liburan ke London bersama Bayi Layaknya Warga Lokal

London selalu jadi kota tujuan wisata yang menarik buat orang Indonesia. Dan menurutku tidak susah dijangkau dan dilakoni. Tidak susah karena bahasa yang dipake pasti bahasa Inggris, public transportnya jelas dan kotanya juga ramah turis plus ramah anak. Hmm ada yang kepikiran liburan ke London bareng bayi?

Saya sendiri sudah beberapa kali membawa anak saya ke London (dari kota York tempat kami tinggal ya, bukan dari Surabaya hehehe), mulai usia 2 bulan. Semuanya menggunakan transportasi umum, bis dan kereta. Jadi blog post ini cocok banget yang mau liburan di London like a local. Dan kami pernah mengalami berbagai cuaca dan musim, extreme summer juga pernah.

Kali ini saya rangkum beberapa tips yang sudah saya sesuai untuk ibu-ibu yang mau liburan keluarga di London, terutama kalau mau ngajak bayi.


Situasi dan Cuaca di London
London kotanya sangat busy, hampir semua orang jalannya sangat cepat, macet bisa ditemui dimana aja. Ingat kota ini adalah tujuan nomor satu wisata di UK, so objek wisatanya nggak bakal pernah sepi. Jadi bagi yang mau liburan kudu siaga dan jangan panik duluan kalau ada yang rewel dan tantrum. Buat jadwal perjalanan yang santai supaya anak kita nggak stres.

Basically, cuaca di London dan seluruh negaranya Queen Elizabeth ini selalu berhawa sejuk, cenderung dingin, dan sering hujan gerimis. Jadi di musim apapun kudu siap jaket, cardigan, raincoat dan payung. Payungnya yang kuat ya, karena bisa dirusak sama angin.

Saat matahari sedang terik, sunblock perlu banget, terutama musim semi atau musim panas. Karena mataharinya bakal bersinar lebih lama dan intens banget. Yang banyak terjadi adalah udaranya sejuk cenderung dingin, tapi kalau kena sinar matahari hangat sekali dan tidak sadar kalau itu matahari bisa bikin kebakar. Jadi dimanapun ada matahari, kudu pakai sunblock.

Mosturising lotion dan Lipbalm! Karena udaranya tidak lembab seperti di Indonesia, anak-anak yang lagi liburan di London perlu dipakein mosturising lotion dan lip balm. Lip balmnya pake petroleum jelly cukup kok. Nggak mau kan kalau kulit mereka jadi kering dan pecah-pecah. Atau bisa-bisa berdarah lho.

Tourist Attraction yang cocok untuk Bayi di London
Berfoto dengan latar belakang Buckingham Palace, Big Ben, kotak telepon berwarna merah di London; mengunjungi museum; dan bermain di taman adalah kegiatan yang bisa papa dan mama lakukan.

IMG_9282
Menonton Changing Guard Ceremony di Buckingham Palace, London. Lihat jadwalnya disini.

Jangan segan-segan untuk bertanya di pusat informasi tentang family friendly activities. Misalnya di British Museum disiapkan pusat informasi khusus untuk family. Jadi bakal ada aktivitas khusus buat si kecil.

Bermain di taman juga ga kalah seru, ngerumput sambil ngeliatin burung, angsa dan bebek pasti sudah seru banget buat anak-anak. Sekaligus menikmati aktivitas warga lokal ya. Supaya mereka tetap settle, siapkan perlengkapan piknik seperti alas duduk, makanan, mainan dan obat anti-serangga.

Baby Gear (Stroller dan Gendongan Bayi) dan Transportasi di London
Nggak perlu ragu membawa stroller ke London, karena warga lokal pun selalu menggunakan stroller hampir setiap kali dia pergi bersama anaknya. Maklum mereka terbiasa jalan kaki. Trotoarnya kan juga luas dan selalu ada ramp (bagian trotoar yang menurun) untuk memudahkan saat menyebrang jalan dan berpindah bagian trotoar.

Buat yang mau nyobain jadi warga lokal, naik bis atau underground train (sejenis MRT) juga bisa dengan stroller. Untuk bis, si driver bisa menyesuaikan tinggi pijakan bis dan trotoar supaya lebih mudah masukin stroller ke dalam bis. Di dalam bis juga ada space tersendiri untuk stroller dan kursi roda. Tapi pengguna kursi roda (wheelchair) selalu diutamakan ya. Jadi bisa aja kita diminta melipat stroller kalau tiba-tiba ada pengguna kursi roda yang mau naik. Untuk underground train atau biasa disebut dengan tube, perlu diperhatikan di map tubenya, station mana yang ada fasilitas step-free, biasanya akan ada simbol kursi roda. Kalau ada simbol kursi roda artinya jarak antar kereta dan platform sangat sedikit atau hampir tidak ada. Plus bakal ada lift. Kalau tidak ada simbol kebalikannya ya, jarak kereta-platform bisa jadi banyak, tidak ada lift, mungkin eskalator atau malah cuma tangga. Mau mengangkat stroller? Silahkan! Tapi kalau naikin stroller pake escalator agak haram disini hehehe.

IMG_9657
Begini kira-kira keadaan stroller kami selama jalan-jalan di London. Bawa changing bag dan juga pakai stroller organiser. Shopping basket untuk menyimpan belanjaan.

Trus untuk gendongan bayi, ini senjata yang perlu banget untuk bayi kalau di London, menurutku bakal lebih gampang daripada bawa stroller. Terutama untuk anak di bawah umur 1 tahun ya. Kalau mau menyelinap-menyelinap cepet deh pokoknya. Asalkan harus perhatiin jadwal perjalanannya supaya kita juga nggak terlalu capek nggendong terus dan anaknya juga ada waktu istirahat atau paling nggak berbaring.

Baju
British weather sangat sulit diprediksi, kadang bisa cerah sekali, lalu berubah berangin, lalu hujan gerimis dan lain sebagainya. Tapi kebanyakan bakal berhawa dingin – sejuk. Bahkan di musim panas aja masih sejuk, yang benar-benar panas ekstrim sekitar 30 dejarat celcius bisa dihitung jari selama 3 bulan. Jadi wajib siap layering aja, jaket dan cardigan misalnya. Jadi kalau kepanasan bisa dicopot 1 layer dan kalau kedinginan tinggal tambah 1 layer lagi dan seterusnya.

Di United Kingdom sering banget hujan, jadi siapin juga peralatan anti hujan seperti raincover untuk stroller, raincoat atau jaket anti hujan, atau payung yang kuat.

Untuk yang bawa stroller dan pas liburan di London saat musim dingin wajib hukumnya pake footmuff atau paling nggak selimut yang hangat. Ingat, tebal belum tentu hangat ya. Mending cari yang tipis tapi hangat, misalnya yang berbahan fleece atau insulated fabric lainnya.

Susu dan Makanan
Breastfeeding di tempat umum sangat wajar dan tidak boleh ada orang yang diperbolehkan menghentikan proses menyusui di tempat umum. Breastfeeding in public di lindungi oleh hukum, bisa baca disini. Untuk yang bottlefeed formula bisa bikin sendiri seperti biasa.

Gimana kalo bayi yang mulai mpasi? Nah kalau saya sih ngikutin metode Baby Led Weaning, jadi tinggal saya bawa buah, protein dan karbohidrat, lalu tinggal dimakan dan tidak perlu dipanasin. Atau kedua, saya tinggal beli makanan bayi instan yang dijual di supermarket atau drugstore dalam kemasan pouch atau jar. Terus dipanasin deh. Caranya……. saya nggak bawa warmer atau thermos ya. Tinggal cari restaurant yang family friendly, lalu di bagian baby sectionnya biasanya sudah disedikan microwave untuk manasin makanan anak. Jadi tinggal siapin mangkok atau tempat makan yang microwaveable aja. Ada juga yang menyediakan bottle warmer.

Untuk highchair, hampir semua cafe dan restaurant menyediakan highchair. Minimal ada 2 buah di setiap tempat makan.

Baby changing & breastfeeding room
Yang satu ini agak tricky karena untuk menemukan toilet aja tidak semudah di Indonesia. Toilet dengan fasilitas baby changing biasanya ada di department store, beberapa train station, chained coffee shop, dan toko bayi. Supaya tidak buta arah, bisa download dulu apps NCT baby Android/ Apple untuk melihat direktori baby changing & breastfeeding room di London dan kota lain di UK.

Tips terakhir adalah pantengin website dan Facebook tempat-tempat yang mau dikunjungi. Social media yang populer disini Facebook, bukan Instagram. Jadi kalau mau cari informasi, misalnya review langsung aja ke Facebooknya. Semua informasi biasanya sudah jelas tertulis di digital medianya mereka, termasuk fasilitas baby changing room, family activities, akses stroller dan hal-hal lain. Dan kalau balas message atau email nggak pakai lama.

Kira-kira ini yang bisa saya share berdasarkan pengalaman pribadi membawa anak dibawah usia 1 tahun untuk berlibur ke London. Saya akan update lagi kalau nemu sesuatu yang baru dan menarik untuk di bagi.

Sekian.

Lia.

 

SaveSave

SaveSave

Advertisements

One thought on “Tips Liburan ke London bersama Bayi Layaknya Warga Lokal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s