Mum & Baby

Review Aplikasi Smartphone Penting untuk Ibu Baru

Smartphone nih satu-satunya hiburanku saat menjadi ibu baru. Kalau my little J lagi tidur, pasti jari nggak berhenti scrolling social media supaya tetep update meskipun waktu dan tenaga udah kekuras buat ngurusin bayi baru lahir ini. Nggak cuma untuk tetap update kegiatan teman-teman aja, tapi aku memang masih punya pekerjaan yang berbasis social media. Jadi smartphone wajib di tangan selalu.

Nggak lama aku menemukan aplikasi yang berguna untuk membantu memantau perkembangan bayi. Mulai dari mencatat waktu menyusu, berat badan, ide bermain dan bacaan-bacaan tentang tumbuh kembang bayi. Berikut 3 aplikasi smartphone yang aku gunakan untuk memantau perkembangan bayi.

Kiri: tampilan awal saat buka aplikasi. Kanan: memory book yang bisa diexporr ke file pdf.
Feeding tracker dan hasil patternnya. Bisa jadi panduan untuk nyusuin di hari-hari berikutnya.

Sprout Baby, memantau perkembangan bayi

Aplikasi smartphone Sprout Baby ini lanjutan dari Sprout Pregnancy yang aku pakai sebelumnya. Sesuai dengan aplikasi untuk ibu hamil yang pernah aku bahas di post Hanya Kami Bertiga. Sprout Baby sangat user friendly, interfacenya simpel dan fiturnya nggak sedikit. Setiap hari bakal ada info baru yang bikin kita rajin buka aplikasi ini. Fitur favoritku adalah:

  • Feeding, sleep and diaper change tracker. Setelah memasukan jadwal kita bisa lihat pattern menyusu, tidur dan ganti popok si bayi, jadi sangat berguna bagiku yanh clueless di awal-awal jadi ibu baru. Terus emang kepake banget daripada mengingat atau nyatet di kertas, karena ternyata mengingat setelah melahirkan itu super melelahkan dan hampir mustahil haha!
  • Baby memories book yang bisa diexport jadi pdf file Growth tracker, ini untuk masukin berat badan bayi lalu bisa langsung kita lihat grafiknya.
  • Reminder untuk doctor appointment dan imunisasi. Dan juga ada notes untuk pertanyaan ke dokter. Jadi nggak bakal kecampur sama kegiatan lain atau notes bawaan smartphone yang isinya list belanja atau resep masakan.

Intinya aku suka apps Sprout Baby ini karena membuatku jadi lebih terorganise di kala berantakannya bulan-bulan awal menjadi ibu baru. Terus kadang bisa aku tunjukan ke suami juga, enak simpel di smartphone kan, bisa dimana aja dan kapan aja. Kalau mungkin yang LDR bisa di screenshot terus kirim ke suaminya ya hehehe.

Sayang sekali aplikasi ini hanya tersedia di iOS, berikut link downloadnya. Jika ada yang tahu Aplikasi serupa di Android kasih masukan dong.

Aplikasi Kinedu, setiap hari selalu ada ide bermain baru untuk bayi usia 0-2 tahun
Skill apa yang mau dilatih hari ini?

Kinedu, ide permainan untuk bayi

Aplikasi Kinedu ini direferensikan salah satu temanku yang juga tinggal di York. Isinya mostly tentang ide bermain untuk bayi yang sudah disesuaikan dengan umurnya. Jadi personalise banget yah aplikasinya. Bahkan ada development assesmentnya segala setiap bulannya, jadi kita bakalan tahu what to expect and where is she now.

Aktivitasnya disusun per hari, dan bisa dicari sesuai skill yang mau diasah, misalnya sensory, gross motor, social skill atau yang lainnya. Setiap poin aktivitas ada penjelasan tujuan aktivitas bermain bersama bayi, video contoh dan material yang diperlukan. Jadi uda lengkap banget lah untuk nyari ide bermain bayi dari 0 sampai 2 tahun, bandingkan kalau saya harus nyari-nyari dulu pake google, harus nyocokin umur dan belum informasinya kepisah-pisah. Pakai Kinedu langsung beres deh! Untuk melihat seluruh ide permainan bayi kita kudu subscribe jadi premium member, aku bayar beberapa kali yang monthly plan $8.99, menurutku harganya sebanding dengan yang aku dapatkan. Agak mahal memang untuk ukuran sebuah aplikasi, tapi kalau dibanding dengan beli mainan di toko? Mahalan mana?

Link download iOS dan Android.

Sekian.

Lia.

Advertisements

One thought on “Review Aplikasi Smartphone Penting untuk Ibu Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s