Mum & Baby

Amber Necklace Berguna untuk Meredakan Teething (?)

Sampai di usia 14 bulan little J nggak pernah tuh drama teething seperti yang dibilang orang-orang. Bakal dia hampir nggak doyan dengan berbagai macam teether, termasuk teether Sophie the Giraffe idola semua anak itu. Hingga pada akhirnya saya nyoba ngelepas Amber Necklacenya selama 3 hari. Iseng aja sih, lagian saya selama ini nggak percaya juga sama kalung ini, tapi nggak pernah saya lepas kecuali kalau dia mandi. Dipake terus kemana-mana. Saya juga mikir: palingan umur segini nggak teething lagi lah yaa… giginya juga uda keluar semua sesuai umurnya.

Amber Necklace Berguna untuk Meredakan Teething

Tapi apa yang terjadi…… Dia kembali ngiler parah seperti saat sebelum pake kalung Amber, sampe perlu saya pakein bib. Terus jadi hobi nggigitin saya, mulai nggigit tangan, jari, pundak dan tentu saja puting grrr! Nggigitnya pake ekspresi gemes gitu, benernya lucu sih, cuma lama-lama sakit juga. Dan yang terakhir, tidurnya nggak nyenyak, not settled, nggak biasanya pokoknya.

Jadi ingat dulu awalnya beli Amber Necklace juga iseng-iseng pas si J usia 3 bulan. Mulai sejak itu banyak yang nanyain; ini kalung apa, kalungnya mirip deh sama punya selebgram ini bla bla bla; apa bener kalungnya berkhasiat. Setelah hampir setahunan pake, akhirnya baru nyadar sekarang kalo Amber Necklace benar-benar mengurangi gejala teething. Dan betul saat hari kedua saya pakein kalung Ambernya lagi, dia udah nggak ganas lagi.


Amber necklace ini memang dipercaya untuk meredakan gejala teething pada bayi, seperti ngiler (drooling), nyeri pada gusi demam ringan. Manik-manik Amber necklace terbuat dari Baltic Amber, yaitu resin dari batang pohon. Bentuk dan warnanya beragam, mostly di rona kuning hingga coklat. Pemakainya juga bukan hanya para bayi yang lagi teething, malah sebenarnya dipakai duluan sama orang dewasa dalam berbagai bentuk, kalung, gelang, cincin dan lain-lainnya. Unik sih ya warna dan bentuknya.

Di Indonesia banyak yang menyebutnya Kalung Anti Rewel. Kalung ini banyak dipakai sama anak-anak artis. Mulai dari Gempi anaknya Gisel, El Barack anaknya Jessica Iskandar, Arsy anaknya Ashanty, Bjorka anaknya Sabai, Sekala anaknya Ayudia dan juga si Nastusha anaknya Chelsea. Yang paling nggak aku pahami adalah ada juga hashtag #kalunggempi di Instagram. Jadi orang-orang pada menilai Amber Necklace ini kalungnya si Gempi. Alamak…

Apa yang membuat Kalung Amber bisa meredakan gejala teething pada bayi?

Baltic Amber mengandung zat succinic acid, yaitu senyawa yang bisa menyembuhkan pembengkakan (inflammation) dan sakit sakit ringan lain pada tubuh. Saat manik-manik Amber terkena panas dari suhu tubuh manusia, dia akan melepaskan healing oil yang akan diserap tubuh ke aliran darah. Berikut beberapa penjelasan khasiat Amber Necklace:

  1. Zat anti-inflamatory dalam Amber necklace akan mengurangi pembengkakan yang membuat gusi sakit dan pipi merah
  2. Amber necklace menjaga keseimbangan zat asam pada tubuh
  3. Amber necklace juga punya khasiat menenangkan, mengurangi energi negatif dan stres. Jadi bisa membuat bayi lebih settled dan tidur nyenyak.
  4. Kalung Amber menstimulasi kelenjar tiroid untuk mengurangi ‘ngiler’ yang berlebihan
  5. Kalung Amber juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh, terutama untuk penyakit kulit, telinga, tenggorokan dan perut

Nah kalau dilihat-lihat kalung Amber ini punya khasiat yang luar biasa. Tapi sayangnya khasiat Amber necklace ini belum bisa dibuktikan secara medis, hanya dianggap sebagai natural painkiller atau obat alternatif, jadi masih banyak yang tidak percaya.

Selain itu nggak sedikit juga yang kontra terhadap pemakaian Amber Necklace untuk anak dibawah 3 tahun karena resiko terlilit dan choking atau manik-maniknya tertelan sehingga mengakibatkan tersedak. Seperti di Inggris, tempat saya membeli Amber Necklace yaitu Love Amber X juga menuliskan jelas-jelas di websitenya kalau kalung ini bukan untuk anak di bawah 3 tahun, dan mereka juga tidak mencantumkan khasiat dari kalung Amber karena belum ada penjelasan medis, hanya dianggap sebagai obat alternatif dan kadang ada yang bilang cuma mitos.

Sekian.

Lia.

Referensi: Teething Made Easy & What to Expect

 

SaveSave

SaveSave

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s